Budidaya Jangkrik Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Kampung Blok Kelapa Kabupaten Tangerang

    Budidaya Jangkrik Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Kampung Blok Kelapa Kabupaten Tangerang
    Budidaya Ternak Jangkrik Milik Suherman Warga Kampung Blok Kelapa

    TANGERANG, - Jangkrik adalah salah satu jenis serangga, yang paling sering digunakan sebagai pakan burung dan reptil. Seiring meningkatnya minat memelihara hewan yang mengkonsumsi jangkrik, maka permintaan terhadap tersedianya jangkrik pun meningkat.

    Hal inilah yang membuka jalan dan mendorong munculnya budidaya jangkrik, yang saat ini telah berkembang pesat di berbagai penjuru daerah di indonesia.

    Di Kampung Blok Kelapa Rt 03 Rw 02 Desa Serdang Wetan Kec.Legok Kab.Tangerang. Budidaya Jangkrik ini sudah mulai dikembangkan. 

    Suherman adalah salah satu warga yang menjalankan usaha tersebut dari awal menginginkan ussha budidaya jangkrik, dengan modal sendiri, dan saat ini aktif memberikan pelatihan dan binaan budidaya jangkrik di wilayahnya. Sampai saat ini sudah ada 4 titik budidaya jangkrik yang dikelola oleh warganya.

    Budidaya jangkrik ini tidak begitu sulit, sehingga Suherman terdorong mencoba untuk mengembangkan usaha budidaya jangkrik tersebut. Modal Awal dalam usaha ini tidak begitu besar, hanya  cukup dengan modal Rp 15.000.000; Pembuatan Kandang, Bok, Kray, Karung Kemasan (50 Kg),  Awal Pakan (Pur) BR 11 ukuran 50 Gram, dengan harapan saya kedepannya bisa membantu perekonomian yang ada di wilayah warga RT 03/02 Desa Serdang Wetan.

    Seperti yang dijelaskan oleh Suherman, selasa, ( 10/11/2020 ) di kediamanya, "selain budidaya jangkrik, saya juga aktif bertugas di Wakil Ketua BPD Desa Serdang Wetan, dan pengalaman menjabat sebagai Ketua RT 03 selama 20 Tahun sampe Tahun 2020." 

    Budidaya jangkrik Suherman sangat didukung oleh Kapolsek Legok Akp.Dicky Dwi Priambudi. Kunjungan ini turut dihadiri Wakapolsek Legok.

    Kepala desa serdang wetan, Dody Munanto, juga sangat mendukung kegiatan budidaya jangkrir yang di kelola oleh Suherman.

    "Sangat bagus dan harus dikembangkan untuk membantu perekonomian di warga Serdang Wetan dan bisa memberikan ilmu nya dengan membuat kelompok-kelompok budidaya untuk warga sekitarnya sehingga bisa membantu penghasilan buat warga desa serdang wetan, "ucap Dody.

    Suherman mengatakan, cara berternak budidaya jangkrik dengan sistem, dari indukan sebanyak 1 Bok itu 15 Kg Jangkrik sampai proses bertelur 1 bulan, bertelur nya sampe 9 kali bertelur, di dalam blok dengan ukuran blok 2 x 1 Meter, dengan ukuran Kadang 6 x 12 M.

    Dengan proses bertelur mengunakan media pasir, nampan, dan kasih pakan BR 11 dan daun singkong, ubi-ubian, sayur mayur, sampe hasil di panen 1 bulan. Jangkrik biasanya sesudah bertelor 9 kali  induk nya mengakibtkan kematian.

    Adapun untuk pemasaran jangkrik, Suherman langsung ke pengepul, Wahyu, karena dari awal pembelian telor jangkrik ke Wahyu sehingga ada jalinan kerjasama dan saling membantu proses usaha budidaya jangkrik.

    Budidaya ternak jangkrik ini tidak harus memiliki keahlian khusus dalam membudidayakannya. Hanya dengan rajin menjaga kelembaban kandang dan terbebas dari hewan pengganggu. makannya juga tidak terlalu sulit, setelah jangkrik tumbuh dewasa hanya dengan membrikan makanan berupa dedaunan saja. Karena jangkrik, merupakan salah satu serangga pemakan jenis dedaunan.

    Budidaya Jangkrik dengan Nama Kelompok "JJ" JAWARA JANGKRIK, Ketua pengelola Suherman, budidaya jangkrik di Kp.Blok Kelapa Rt 03/02 dapat memberikan penyuluhan tentang budidaya jangkrik.

    "Usaha ini adalah merupakan salah satu usaha kreatif yang dapat menunjang perkembangan ekonomi rakyat khususnya warga Desa Serdang Wetan, " ucap suherman.

    Reporter : K@Yd / Galih Ms
    Editor :  Sopiyan

    tangerang banten
    Sopiyan hadi

    Sopiyan hadi

    Artikel Sebelumnya

    Diduga Ada Kejanggalan, Proyek Di Rawa Beureum...

    Artikel Berikutnya

    Sambut Kedatangan Habib Rizieq Sihab, Ribuan...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 206

    Postingan Tahun ini: 2019

    Registered: Jul 16, 2020

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 204

    Postingan Tahun ini: 1441

    Registered: May 24, 2021

    Basory Wijaya

    Basory Wijaya verified

    Postingan Bulan ini: 110

    Postingan Tahun ini: 567

    Registered: Oct 11, 2021

    Afrido

    Afrido verified

    Postingan Bulan ini: 106

    Postingan Tahun ini: 377

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Habibi verified

    219 Orang Warga Binaan Rutan Kelas I Labuhan Deli Kanwil Kemenkumham Sumut Dapat Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1443 H
    Empat Warung dan Ruko Terbakar, Kapolres Tinjau Lokasi Kebakaran dan Serahkan Bantuan
    Diduga Korban Pembunuhan, Mayat Seorang Pria Ditemukan di Kebun Karet Afdheling Begosari Bringin Semarang
    Pengamat Maritim: Menanti Ketegasan Sikap Pemerintah terkait Kejelasan Nasib 7 Buruh ABK WNI yang Hilang di Mauritius

    Follow Us

    Recommended Posts

    Imbas Truk Kontainer Mogok di Jembatan Tol Cikupa Lalin Macet hingga Malam Hari
    Selamatkan Hutan di Jawa, Rimbawan Perhutani Gelar Aksi Damai
    Netty Prasetiyani Desak Pemerintah Jelaskan Transisi Pandemi dan Hepatitis Akut ke Masyarakat
    4 Kosensus Dasar Negara Perlu diterapkan di Indonesia, Materi Simposium Kapolda Sulut
    Selamatkan Hutan di Jawa, Rimbawan Perhutani Gelar Aksi Damai