Kepala Madrasah MTs Al-Husna Kelurahan Sukabakti: Mutu Pendidikan Terus Ditingkatkan

Kepala Madrasah MTs Al-Husna Kelurahan Sukabakti: Mutu Pendidikan Terus Ditingkatkan

TANGERANG - Sampai saat ini pendidikan Islam di madrasah sering dipandang sebagai pendidikan “kelas dua”. Pengelola madrasah dituntut lebih peduli dalam meningkatkan profesionalitas, mutu madrasah dan mutu pendidikan secara terus menerus, agar madrasah memberikan andil dalam peran pendidikan Islam di abad 21. Peningkatan kualitas pendidikan bukanlah tugas ringan, karena tidak hanya berkaitan dengan permasalahan teknis, tetapi mencakup berbagai persoalan yang sangat rumit dan komplek, baik yang menyangkut perencanaan, pendanaan maupun efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan sistem sekolah.

Kepala MTS Al-Husna yang beralamat di Jl.Raya PLP No.21 RT 02/02 Ds.Sukabakti Kec.Curug Kab.Tangerang - Banten. kepsek MTS Al-Husna H.Abdul Wahab, S.Ag, .M.Pd.I mengatakan, pihak media di harapkan untuk bisa bekerja sama dalam menjalin kemitraan dan bisa membantu mempromosikan sekolah khususnya MTS Al-Husna untuk perekrutan siswa baru, dengan usulan kepemerintah setempat Kec.Curug harus di batasin dengan adanya sekolah baru tingkat MTS/SMP, sehingga kondisi kami saat ini masih kerepotan dalam mencari siswa baru yang terus bersaing dan bagai mana siswa baru bisa masuk ke MTS Al-Husna  YPIHN, dengan keyakinan kami mempunyai Visi : Terwujudnya Peserta Didik Yang beriman, berahlakul Karimah, Beriman, Beramal, dan Berwawasan Luas"

Misi : 
1.Menanamkan Keimanan dan Ketakwaan melalui pengamalan ajaran Agama
2.Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bingbingan
3.Melaksanakan berbagai jenis kegiatan pengembangan diri demi berkembangnya potensi peserta didik secara optimal.

Harapan Kespek MTS Al - Husna H.Abdul Wahaba, S.Ag, .M.Pd.I
1.Siswa tetap belajar dan tetap melaksanakn tugas-tugas yang di berikan sesuai aturan yang di tentukan dari sekolah dan setiap bulan tugas di kumpulkan kesetiap dewan guru.

Untuk dewan guru alhamdulillah sudah melaksanakan tugas dengan baik dan setiap guru melaksanakan daring di sekolah tidak di rumah dan alhamdulillah 100 % dewan gruru di wajibkan membuat RPP untuk setiap dewan guru untuk bahan pembelajaran peserta didik.

Strategi yang di terapkan, untuk perekrutan siswa baru,  dengan cara dor tudor ke setiap sekolah, silatrahmi ke para tokoh, dan kepada setiap kepala sekolah SDN di wilayah sekitar kec.curug, dengan menyampaikan fasilitas dan keunggulan MTS Al Husna, Alhamdulillah kita di masyarakat masih di nilai bagus dengan program taksin, kali garapi, hapalan quran, untuk program kami mewajibkan dari kelas 1 s/d kelas 3 di wajibkan untuk menggapal doa Tahlil, dan alhamdulillah dari masyarakat khususnya orang tua wali murid mengakui bahwa anaknya sudah baca doa tahlilan dan bisa di gunakan dalam kegiatan zikiran setiap harinya.

Program pembiasaan untuk melaksanakan setiap awal ke sekolah siswa harus melaksanakan (3S) salam, senyum dan sapa dan adanya pembiasaan tadarus, sholat duha dan sholat djhur berjamaah, dengan awal belajar (KBM) dari jam 7.15 -  15.00 WIB. Kegiatan belajar mengajar dari hari senin sampai hari jumat dan hari sabtu nya eksul, diantaranya paskibra, karate, kali grapi dan marawis, jumlah siswa sekarang berjumlah 680 siswa, kelas 7 : 7. Kls, dan Kls 8: 6 Kls dan Kelas 9: 7 Kelas.

Kata kurikulum, Onlin Whatsap, Vido Jumoting, Gogle Map, di karnakan siswa kami masih di bawah untuk penghsilan, guru membuat PDF, di Sher Ke Group Whatshap, nanti 1 bulan sekali, bagi siswa yg kurang mampu di berikan tugas dari kelas,  

Pembelajara akhir 2 desember dan tanggal, hari senin, 7 - 12 Desember 2020, selama 5 hari, setiap hari ujian perhari 3 mapel, Ujian Akhir Semester Ganjil, Beli Ujian Naskah, Dengan di Jadwalkan setiap kelas di bagikan ke orang tua, dari Kls 7, 8, 9,

Jumlah siswa kurang 680 siswa, Jumlah 36 Guru, staff 2 dan bendahara2, Kata Ibu. Dwi Oktaviani, S.Pd (Kurikulum) di temui awak media, senin, 1 Desember 2020,

Dewan guru mengadakan evaluasi penilaian kinerja guru di MTSN 5 PAGEDANGAN, Selama satu haru, tujuan untuk meningkat kopentensi guru (AKG)
Asetmen Kompentensi Guru, Semuanya 9 Guru, banyaknya guru yang sertivikasi 7  orang, yang duanya belum, pada guru mapel yang di UN kan, MTK, B.Indo.B.Inggris dan IPA.

Harapan saya untuk lulusan MTS AL-HUSNA Yayasan Pendidikan Islam H.Nean (YPIHN), Bisa Masuk ke SMAN/SMKN Dimanapun saja. Kami melihat masih kesuliatan untuk lulusan masih di batasi oleh zona, sehingg masih kesulitan buat sisswa kami 100 % masuk ke sekolah negeri lanjutan SMAN/SMKN, " Ucap Dwi Oktaviani.S.Pd.

Peningkatan kualitas pendidikan tidak lepas dari upaya Kepala Madrasah sebagai pemimpin madrasah tersebut. Kepala Madrasah dalam mengelola lembaganya telah banyak memberi kontribusi yang positif bagi perkembangan dan kemajuan madrasah di kemudian hari.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang yang terjadi biasanya yaitu Bagaimana proses Kepala Madrasah mengidentifikasi masalah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada MTs Al-Husna, Prasyarat apa yang dibutuhkan oleh MTs Al-Husnah dalam meningkatkan mutu pendidikan, Bagaimana Kepala Madrasah merencanakan peningkatan mutu pendidikan pada MTs Al-Husna, Bagaimana implementasi peningkatan mutu pendidikan di MTs Al-Husna dan Bagaimana dampak yang ditimbulkan dari Uapaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada MTs Al-Husna.

Denga pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya stk Dengan tujuan dapat memberikan diskripsi yang padat serta mengenal subyek secara pribadi dan lebih dekat. Karena dengan adanya pelibatan langsung dengan subyek di lingkungan subyek. Pelibatan ini akan dapat mengeskplorasi situasi, kondisi peristiwa secara langsung.

Proses Kepala Madrasah dalam mengidentifikasi masalah pada MTs Al Husna tertuju pada 9 unsur program Madrasah Education Developing Projetc (MEDP) yaitu (1) Kurikulum dan pembelajaran, (2) Administrasi dan manajemen, (3) Organisasi kelembagaan (4) Sarana dan prasarana, (5) Ketenagaan, (6) Pembiayaan dan pendanaan, (7) Peserta didik, (8) Peran serta masyarakat dan (9) Lingkungan dan budaya sekolah.

Sedangkan prasyarat dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu Membuat Program Perencanaan Pengembangan Madrasah MEDP-MDP, Memiliki sembilan (9) komponen serta angket Evaluasi Madrasah Tsanawiyah Al-Husna, Memiliki dokumen kurikulum standart nasional secara lengkap, Menggunakan kurikulum nasional dalam pembelajaran, Memiliki perencanaan program pembelajaran tahunan dan semesteran, melaksanakan praktik untuk mata pelajaran Pendidikan Agama seperti : praktik Bimbingan Baca Qur’an (BBQ), Wudlu, Sholat wajib yang benar, sholat sunah yang benar dan praktik sholat jenazah, Madrasah memiliki visi misi yang jelas dalam peningkatan mutu PMB dan Madrasah juga memiliki rencana pengembangan jangka pendek, menengah dan jangka panjang/tahunan. 

Upaya Kepala Sekolah dalam mengimplementasi peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu (1) Mutu masukan dimana perlunya pembenahan mutu SDM diantaranya administrasi siswa, pegawai, guru, staf tata usaha melalui pelatihan dan penataran. (2) Mutu Proses dimana proses pembelajaran yang dilakukan guru apakah sudah memenuhi proses 6 M, yaitu: mendidik, mengajar membimbing, melatih, mengarahkan, dan menggerakkan. Dan (3) Mutu Hasil, mengingat siswa Madrasah Tsanawiyah Al - Husna pada umumnya meneruskan ke Aliyah atau setara maka diperlukan Nilai UN tinggi yang tinggi untuk bersaing mendapatkan SMUN/ MAN yang terakreditasi A. 

Dan dampak yang ditimbulkan dari upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan Mutu Pendidikan pada MTs Al-Husna Ds.Curug kulon Kec.Curu Kab.Tangerang, terdiri dari segi positif terdiri (1) Adanya kebersamaan dalam pengelolaan kurikulum dan proses belajar mengajar di sekolah MTS Al-Husna (2) Adanya semangat juang guru dan pegawai, (3) Sarana dan prasarana lebih meningkat, (4) Peran serta masyarakat yang positif. Sedangkan dari segi negatif dimana Kemampuan dan jiwa psikologi siswa berbeda-beda dan tetap menjaga kekeluargaan dengan para dewan guru dan selalu memiliki kasih sayang dan rasa peduli ke semua peserta didik MTS Al-Husna, " Ucap H.Abdul Wahab, S.Ag.M.Pd.I.


( K@Yd / Galih/sopiyan )

tangerang banten
Sopiyan hadi

Sopiyan hadi

Previous Article

JNI Banten Siap Geruduk Kantor BRI Pandeglang

Next Article

Sukses Dengan Program Unggulan, Kades Caringin...

Related Posts

Peringkat

Profle

Nanang Suryana

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 127

Postingan Tahun ini: 127

Registered: Sep 22, 2020

Eko Prasetyo

Eko Prasetyo verified

Postingan Bulan ini: 68

Postingan Tahun ini: 68

Registered: Dec 22, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 56

Postingan Tahun ini: 56

Registered: Sep 22, 2020

Sopiyan hadi

Sopiyan hadi

Postingan Bulan ini: 53

Postingan Tahun ini: 53

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Amry Pasaribu

Terkonfirmasi, 331 Kasus Positif Covid-19 di Toraja Utara dan 16 Meninggal Dunia
Dua Pasien Positif Covid-19 di Luwu Timur Meninggal Dunia
Bupati Jeje wiradinata Klarifikasi Terkait Opini di Medsos bahwa Bupati Menantang Masyarakat
Kedok Permainan Dugaan Penipuan Oknum Karyawan PT. Equityworld Futures Cabang Manado Mulai Terkuak

Follow Us

Recommended Posts

Desa Pasir Jaya Gelar Musdes Pencermatan Ulang Dokumen RPJMDesa Dan RKPDesa Tahun 2020
Pemerintah Diminta Tetapkan OPM Sebagai Teroris
Polri Solid, Dukung Listyo Sigit Pimpin Korps Bhayangkara
Warga Binong Terima Bantuan Sosial Tunai (BST) Banprov Tahap II di Lima Lokasi Penyaluran
Pembagian BST Tahap 10 di Kecamatan Kemiri Tertib, Prokes Tetap Dipatuhi